BIMBINGAN TEKNIS PROGRAM KAMPUNG IKLIM (PROKLIM)

BIMBINGAN TEKNIS PROGRAM KAMPUNG IKLIM (PROKLIM) SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM MELAKSANAKAN

KEGIATAN ADAPTASI DAN MITIGASI PERUBAHAN IKLIM

KABUPATEN SUKOHARJO, 6 s/d 7 SEPTEMBER 2017

 

Latar Belakang

Perubahan suhu yang terjadi saat ini diyakini sebagai akibat terjadinya akumulasi gas rumah kaca (GRK) di atmosfer. Berbagai kegiatan manusia dalam pembangunan menyebabkan konsentrasi GRK di atmosfer semakin bertambah, termasuk penggunaan bahan bakar fosil , proses penguraian sampah dan limbah, penggunaan pupuk kimia dan pembakaran jemari.

Program Kampung Iklim atau Proklim adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi GRK. Melalui pelaksanaan Proklim , Pemerintah (Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) memberikan penghargaan kepada masyarakat di lokasi tertentu yang telah melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan. Pelaksanaan Proklim mengacu Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P.84 / MenLHK-Setjen/Kum.1/11/2016 tentang Program Kampung Iklim.

 

Dasar Pelaksanaan

  1. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
  2. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P.84 / Menlhk-Setjen/ Kum.1 / 11 / 2016 tentang Program Kampung Iklim.
  3. Surat Edaran Bupati Sukoharjo Nomor :6601.1/ 1396 tentang Himbauan Pembentukan Kampung Iklim Pada Wilayah Kecamatan Di Seluruh Kabupaten Sukoharjo

 

Peserta

        Jumlah peserta sebanyak 25 (dua puluh lima) orang yang terdiri dari unsur perwakilan kecamatan; rintisan lokasi proklim dan perwakilan bank sampah.

               

 

 

Maksud dan Tujuan

Maksud diselenggarakan Bimbingan Teknis Program Kampung Iklim (Proklim ) ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian, kepeloporan masyarakat dan aparat untuk melakukan pengawasan sosial dan menjaga budaya serta kearifan lokal dalam rangka melestarikan lingkungan hidup.

 

Tujuan dari pelaksanaan Bimbingan Teknis Program Kampung Iklim (Proklim) ini adalah :

  1. Menyebarluaskan informasi tentang dampak perubahan iklim dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat serta upaya adaptasi dan mitigasi yang dibutuhkan.
  2. Meningkatkan kapasitas masyarakat untuk melakukan identifikasi kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta potensi pengembangan di tingkat lokal.
  3. Mendorong penyebarluasan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah berhasil dilaksanakan pada lokasi tertentu untuk dapat diterapkan di lokasi lain sesuai dengan kondisi wilayah dan kebutuhan masyarakat setempat.

 

Pelaksanaan Proklim      

Hari Pertama (Rabu, 6 September 2017)

Pemberian materi yang disampaikan oleh :

  1. Materi I tentang Upaya Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim melalui Perubahan Kampung Iklim (Proklim) di Kabupaten Sukoharjo disampaikan oleh Bapak Agus Suprapto,ST, MM, M.Si
  2. Materi II tentang Gerakan Nasional Pengendalian Perubahan Iklim Berbasis Ekonomi Masyarakat Program Kampung Iklim (Proklim) disampaikan oleh Ibu Ir. Rr. Endang Sudaryati, M.Si dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah
  3. Materi III tentang Proklim Kopen RW 7, Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kartasura disampaikan oleh Bapak S. Arif Wijaya, ST .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *